Show simple item record

dc.contributor.authorArdiansyah, Ardiansyah
dc.contributor.authorAzainil, Azainil
dc.contributor.authorBerahman, Berahman
dc.date.accessioned2022-01-11T22:40:16Z
dc.date.available2022-01-11T22:40:16Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.issn2721-6292
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/8570
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal integral di SMA Budi Luhur Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Budi Luhur Samarinda tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperolah 5 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu kesalahan konseptual 33,71%, kesalahan prosedural 42,70%, kesalahan teknik 13,48%, kesalahan hitung 8,99% dan jawaban sebarang 1,12%. Hasil menunjukan kesalahan prosedural lebih dominan dibandingkan kesalahan lainya. Secara umum penyebab kesalahan adalah rendahnya pemahaman konsep integral dan rendahnya penalaran dalam manipulasi bentuk aljabar. Faktor yang paling berpengaruh adalah siswa tidak terbiasa menggunakan tahapan pemecahan masalah dengan benar dan kurangnya latihan mengerjakan soal matematika.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectKesalahan, Soal Matematika, Integralen_US
dc.titleKESALAHAN-KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI INTEGRAL SISWA KELAS XII SMA BUDI LUHUR SAMARINDAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record