Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda
Abstract
Model project based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan
proyek sebagai metode pembelajaran. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian,
interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Hasil
belajar siswa kelas X SMAN 11 Samarinda tergolong masih rendah sehingga perlu adanya
pendekatan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui penggunaan model project based learning (PjBL) dan mengetahui pengaruh
yang signifikan dalam terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 11 Samarinda.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan bentuk preeksperimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini
adalah 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi,
dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil pengolaan data menunjukan bahwa rata-rata hasil
belajar posttest siswa sebesar 77.14. Hasil Uji N-Gain dengan gain score 0.433, yang hal ini
menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang (0.3≤g≥0.7). Hal ini berarti
model project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terhadap hasil
belajar siswa dalam pembelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 11 Samarinda.