Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Agresif Berkendara pada Remaja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap perilaku agresif berkendara pada remaja. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan subjek penelitian 100 remaja di Samarinda yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala tipe likert untuk perilaku agresif berkendara dan kontrol diri. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisa dengan bantuan program aplikasi Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 21.0 for windows. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai kontribusi pengaruh (R2) sebesar 19,8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap perilaku agresif berkendara pada remaja. Kemudian hasil uji regresi parsial menemukan hasil bahwa aspek dari kontrol diri yang memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek perilaku agresif berkendara yaitu kontrol perilaku dan kontrol keputusan, sedangkan aspek kontrol kognitif memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap aspek dari perilaku agresif berkendara.
Collections
- S1-Psikologi [98]