Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Profitabilitas Terhadap Keputusan Transfer Pricing (Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI 2012-2021)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Profitabilitas terhadap Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2012-2021. Teknik menentukan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dimana 82 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia terdapat 13 perusahaan yang memenuhi kriteria dan menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah data sekunder, analisis statistik deskriptif dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing, Tunneling incentive berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing, Mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing, Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan transfer pricing pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2012-2021.
Kata kunci: Transfer Pricing, Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus dan Profitabilitas.
Collections
- S1-Akuntansi [453]