Pengaruh Persepsi Pemilik dan Pemahaman Akuntansi Pelaku Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi (Survei pada Coffee Shop Samarinda)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pemilik dan pemahaman akuntansi pelaku usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi yakni pemilik usaha coffe shop di Samarinda dan ditentukan sampel sebanyak 40 pemilik usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data terdiri dari uji instrument (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F persepsi pemilik, dan pemahaman akuntansi bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Berdasarkan uji t persepsi pemilik berpengaruh positif dan siginifikan terhadap penggunaan informasi, adapun variabel pemahaman akuntansi secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi pada Coffee Shop di Samarinda.
Kata Kunci : Persepsi Pemilik, Pemahaman Akuntansi, Penggunaan Informasi Akuntansi
Collections
- S1-Akuntansi [453]