Show simple item record

dc.contributor.authorRamadiani, Ramadiani
dc.date.accessioned2020-12-14T04:12:12Z
dc.date.available2020-12-14T04:12:12Z
dc.date.issued2019-03-11
dc.identifier.isbn2540 – 7902
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/5524
dc.description.abstractAugmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan objek maya dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata secara realtime. Salah satu implementasi AR di dalam bidang media informasi yaitu penerapan AR dalam mengenalkan alfabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Augmented Reality pengenalan alfabetik beserta objek dengan smartphone. Aplikasi yang di bangun menggunakan software unity 3D dan library Vuforia SDK. Cara kerja aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek penanda Markerless, kemudian secara otomatis menampilkan informasi berupa gambar dan teks dalam bentuk alfabetik yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu, apel, bola, catur, dasi, helikopter, lampu, mobil, pensil, sepeda, dan vas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan perencanaan, maka Augmented Reality dengan metode markerless dapat diterapkan untuk pengenalan alfabetik beserta objek berbasis android.en_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectpeer reviewen_US
dc.titlePenerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Androiden_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record