KESANTUNAN BERBAHASA DALAM SIARAN IKLAN RRI SAMARINDA: KAJIAN PRAGMATIK
Abstract
Salah satu aspek penting dalam berinteraksi dengan mitra tutur ialah penggunaan kesantunan
berbahasa, khususnya dalam siaran iklan radio sebagai media elektronik yang digunakan dalam
memperoleh informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk prinsip
kesantunan berbahasa dan jenis tindak tutur kesantunan berbahasa yang terdapat dalam siaran
iklan RRI Samarinda ditinjau dari pragmatik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa tuturan
penyiar dalam siaran iklan RRI Samarinda. Adapun sumber data penelitian, yaitu siaran iklan
RRI Samarinda. Waktu penelitian yang digunakan dari bulan Desember tahun 2020 sampai Juli
tahun 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak, rekam, transkrip, dan catat.
Teknik analisis data menggunakan analisis padan ekstralingual. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa bentuk prinsip kesantunan berbahasa dalam siaran iklan RRI Samarinda, terdiri dari
pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan. Bentuk pematuhan prinsip kesantunan yang
ditemukan dominan dalam pematuhan maksim kebijaksanaan dan maksim permufakatan. Hal
ini dikarenakan, siaran iklan RRI Samarinda berusaha untuk menginformasikan sesuatu kepada
pendengar dan bermaksud agar pendengar menyetujui informasi yang disampaikan oleh
penyiar. Sedangkan pelanggaran maksim yang ditemukan dominan dalam pelanggaran maksim
penghargaan yang mengandung tuturan seperti mengkritik, menghina, dan merendahkan pihak
lain. Kemudian, jenis tindak tutur kesantunan dalam siaran iklan RRI Samarinda, pada
pematuhan maksim-maksim yang ditemukan ditandai dengan jenis tindak tutur representatif
dengan maksud memberitahukan, menjelaskan, dan menyatakan. Sedangkan pelanggaran
maksim yang ditemukan ditandai dengan jenis tindak tutur ekspresif dengan maksud mengkritik
dan menghina.
Collections
- A - Cultural Sciences [150]