Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pengguna E-commerce di Kota Samarinda
Date
2023-04-17Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh kesadaran wajib pajak (X1), sosialisasi perpajakan (X2) dan sanksi pajak (X3) terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pengguna e-commerce (Y) di Kota Samarinda. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi pengguna e-commerce di Kota Samarinda yang terdaftar di KPP Pratama Samarinda Ulu dan KPP Pratama Samarinda Ilir. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah responden 65 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Penelitian ini menujukkan bahwa kesadaran wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pengguna e-commerce. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t-statistic variabel kesadaran wajib pajak sebesar 5,268, dan nilai t-statistic variabel sanksi perpajakan sebesar 2,076. Sedangkan sosialisasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pengguna e-commerce, hal ini ditunjukkan oleh nilai t-statistic variabel sosialisasi perpajakan sebesar 0,543.
Collections
- S1-Akuntansi [453]