Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang Melakukan Pembelajaran Daring
View/ Open
Date
2022-07-18Author
Rachma, Maulia Hasnani
Rifayanti, Rina
Rasyid, Miranti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal salah satunya adalah sektor
pendidikan. Adanya pandemi covid-19 membuat sistem pembelajaran yang semula
dilakukan secara tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini dilakukan untuk
mengantisipasi terjadinya penularan virus. Pembelajaran secara daring membuat
mahasiswa tidak biasa bertemu dengan teman maupun dosen secara langsung dan
menimbulkan beberpa masalah seperti kurang mengertinya materi perkuliahan,
terkendalanya jaringan, dan membuat bosan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan kesejahteraan psikologis
pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jumlah subjek 100 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Metode
pengumpulan data menggunakan skala dukungan teman sebaya dan kesejahteraan
psikologis. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis diterima, yang artinya terdapat
hubungan positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya dengan kesejahteraan
psikologis pada mahasiswa yang melakukan pembelajaran daring. Sehingga semakin
tinggi dukungan teman sebaya maka semakin tinggi juga kesejahteraan psikologisnya.
Collections
- S1-Psikologi [98]