Show simple item record

dc.contributor.authorMeldiyani, Aji
dc.contributor.authorBasir, Abd.
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2023-02-11T14:36:00Z
dc.date.available2023-02-11T14:36:00Z
dc.date.issued2022-07
dc.identifier.citationAji Meldiyani*), Abd. Basir, Sugeng, Analisis Soal Aritmetika Sosial Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kognitif Dalam Taksonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarmanen_US
dc.identifier.issne-ISSN: 2830-3059
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/49110
dc.description.abstractAbstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal-soal aritmetika sosial pada buku matemtika SMP kelas VII berdasarkan taksonomi bloom revisi. Penelitian ini didasari oleh mengingat tidak sedikitnya guru menggunakan buku teks sebagai sumber belajar siswa, maka soal-soal dalam buku teks haruslah memiliki tingkat kesulitan yang seimbang agar dapat mengukur kemampuan siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman dokumentasi berdasarkan tingkat kognitif taksonomi bloom. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal aritmetika sosial dalam buku siswa matematika kelas VII semester 2 kurikulum 2013 revisi 2017 yang terdiri dai 74 butir soal memiliki tingkat kognitif dengan persentase sebesar, tingkat mengingat (C1) 0%, tingkat memahami (C2) 4,054%, tingkat mengaplikasikan (C3) 32,432%, tingkat menganalisis (C4) 51,342%, tingkat mengevaluasi 12,162% dsn tingkat mencipta (C6) 0%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebaran tingkat kognitif dalam soal-soal tersebut belum merata dan belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang baik.en_US
dc.publisherPMIPA, FKIP Universitas Mulawarman.en_US
dc.relation.ispartofseriesProsiding;
dc.subjectAnalisis Soal, Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisien_US
dc.titleAnalisis Soal Aritmetika Sosial Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Tingkat Kognitif Dalam Taksonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarmanen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record