Show simple item record

dc.date.accessioned2023-01-11T08:38:26Z
dc.date.available2023-01-11T08:38:26Z
dc.date.issued2022-12
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/45997
dc.description.abstractHasil observasi menujukkan bahwa kurang maksimalnya pengembangan LKPD terutama pada pembelajaran IPA materi siklus air yang seharusnya disesuai dengan perkembangan abad 21, hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata skor hasil belajar peserta didik sebesar 69,58. Sebagaimana pembelajaran IPA ialah pembelajaran yang menyenangkan jika dikreasikan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan dan mengetahui kelayakan LKPD berbasis STEM materi siklus air pada siswa kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan modifikasi model pengembangan Borg and Gall yang melalui delapan tahap yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKPD, validasi, revisi, ujicoba kelompok kecil, revisi lanjutan, dan ujicoba kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan validasi ahli materi dan ahli media yaitu dengan masing-masing skor sebesar 4,93 dan 4,88 dengan kriteria sangat valid, serta hasil ujicoba kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik dengan rata-rata skor 4,19 dengan kriteria baik dan hasil ujicoba kelompok besar sebanyak 26 peserta didik dengan rata-rata skor 4,24 dengan kriteria sangat baik. Sehingga, dapat disimpulkan LKPD berbasis STEM materi siklus air ini layak digunakan sebagai pendamping pembelajaran peserta didik. Pengalokasian waktu pengerjaan LKPD dan desain yang menarik dengan bantuan media lain diharapkan mampu memperbaiki kekurangan penelitian ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPusat Publikasi Ilmiah STKIP Taman Siswa Bimaen_US
dc.subjectLKPD, STEM, Siklus Airen_US
dc.titlePengembangan LKPD Berbasis STEM Materi Siklus Air pada Siswa Kelas V Sekolah Dasaren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record