Show simple item record

dc.contributor.authorErika, Farah
dc.contributor.authorSyamsiah, Nur
dc.contributor.authorLestari, Sri
dc.date.accessioned2023-01-08T13:23:12Z
dc.date.available2023-01-08T13:23:12Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/44194
dc.description.abstractRendahnya hasil belajar peserta didik salah satunya dapat dipengaruhi dari media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas WhatsApp berbantuan video animasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada materi reaksi kesetimbangan di SMA Negeri 2 Tarakan. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPA yang berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-Gain berkategori sedang, artinya penggunaan media WhatsApp berbantuan video animasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nilai Effect Size berkategori sangat besar, artinya WhatsApp berbantuan video animasi sebagai media pembelajaran memiliki efek yang sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Respon peserta didik terhadap media tergolong baik. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa WhatsApp berbantuan video animasi efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pada materi reaksi kesetimbangan di SMA Negeri 2 Tarakan.en_US
dc.publisherPendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectcovid-19en_US
dc.subjecteffect sizeen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectn-gainen_US
dc.subjectpembelajaran daringen_US
dc.titleEfektivitas WhatsApp berbantuan video animasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar di SMA Negeri 2 Tarakanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record