Show simple item record

dc.contributor.authorErika, Farah
dc.contributor.authormuflihah, Muflihah
dc.contributor.authorFitriana, Indah Nur
dc.date.accessioned2023-01-08T13:10:04Z
dc.date.available2023-01-08T13:10:04Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/44181
dc.description.abstractGame kahoot merupakan media pembelajaran berbasis permainan real-time dengan bantuan jaringan internet yang menghadirkan suasana kuis edukatif yang meriah di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian The Matching-Only Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA MAN 2 Samarinda tahun ajaran 2021/2022. Kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media game kahoot dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan media google form. Hasil belajar kognitif siswa diukur melalui soal tes berupa post-test dan ulangan harian. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (81,10) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (74,60). Hasil analisis data menunjukkan uji t dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,006 yang berarti kurang dari signifikan 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.en_US
dc.publisherPendidikan Kimia FKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.subjectgame kahoot; hasil belajar siswa; larutan elektrolit dan non elektroliten_US
dc.titlePengaruh penggunaan media game kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Samarinda pada materi larutan elektrolit dan non elektroliten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record