Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan Tahun Ajaran 2021/202
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
matematika siswa melalui model pembelajaran Flipped Classroom pada materi
Statistika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Loa Janan Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VIII sebanyak 18 siswa. Sebanyak 16 siswa dianalisis karena 2 siswa tidak
mengikuti pembelajaran secara penuh. Objek penelitian adalah model pembelajaran
Flipped Classroom. Data diperoleh dengan mengumpulkan data menggunakan
dokumen berupa nilai dasar, tugas berupa LKPD, Observasi, dan Tes Akhir Siklus.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu penyajian data dalam
bentuk tabel, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, dan persentase
peningkatan rata-rata hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Flipped Classroom dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Statistika di Kelas VIII
SMP Muhammadiyah Loa Janan. Nilai hasil tes awal kemampuan siswa digunakan
sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 33,88 meningkat menjadi 59,7 pada siklus I atau
sebesar 76%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 59,7
menjadi 69,9 atau sebesar 17%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai
rata-rata siklus II 69,9 menjadi 79,2 atau sebesar 13%. Hasil observasi terhadap
aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru
dikategorikan baik, dimana guru telah melengkapi perangkat pembelajaran namun
ada beberapa kegiatan yang belum terlaksana seperti membuat kesimpulan bersama
siswa. Pada siklus II dan III dikategorikan amat baik, guru telah memperbaiki dan
melaksanakan seluruh kegiatan dalam pembelajaran kegiatan. Sedangkan aktivitas
siswa pada siklus I dikategorikan cukup, masih banyak kegiatan pembelajaran yang
belum terlaksana. Pada siklus II dan III dikategorikan amat baik, hal ini diperoleh
karena siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran Flipped Classroom. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah model pembelajaran Flipped Classroom dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Statistikadi kelas VIII
SMP Muhammadiyah Loa Janan.