Show simple item record

dc.contributor.authorAk Stephen Jussem, Bernard
dc.contributor.authorKasuma, Jati
dc.contributor.authorTing, Hiram
dc.contributor.authorZainurossalamia ZA, Saida
dc.contributor.authorDarma, Dio Caisar
dc.date.accessioned2022-12-19T10:28:50Z
dc.date.available2022-12-19T10:28:50Z
dc.date.issued2022-12-19
dc.identifier.issn2502-3713
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42752
dc.description.abstractFaktor kunci yang mempengaruhi kepuasan wisatawan dan motivasi mereka untuk berkunjung kembali adalah atribut homestay seperti aksesibilitas, akomodasi, fasilitas, daya tarik wisata, aktivitas wisata, makanan, dan sajian. Oleh karena itu, penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menguji pengaruh atribut homestay dan peran mediasi kepuasan wisatawan terhadap motivasi wisatawan untuk mengunjungi kembali homestay di Kuching, Sarawak dari perspektif wisatawan lokal dan asing. Penelitian kuantitatif melalui kuesioner self-administered survey yang valid dan reliabel dilakukan pada 269 pengunjung lokal dan 206 pengunjung asing di empat homestay yang berlokasi di Kampung Krokong Bau, Kampung Pueh Sematan, Kampung Annah Rais Padawan, dan Kampung Santubong Kuching. Data yang terkumpul dihitung dan dianalisis melalui SPSS 25 dan SmartPLS. Hanya atribut homestay daya tarik wisata, makanan, dan sajian yang ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan wisatawan. Sementara itu, atribut fasilitas homestay, makanan, dan sajian ditemukan memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi wisatawan untuk berkunjung kembali. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan wisatawan dengan motivasi wisatawan untuk berkunjung kembali. Hal ini juga membuktikan bahwa kepuasan wisatawan memediasi hubungan antara atribut homestay daya tarik wisata, dan makanan, dan sajian pada motivasi wisatawan untuk berkunjung kembali. Temuan menunjukkan bahwa atribut homestay di Kuching, Sarawak perlu ditingkatkan.Mengingat hubungan yang signifikan antara atraksi wisata, fasilitas, makanan, dan sajian sebagai indeks kepuasan wisatawan dan motivasi untuk berkunjung kembali, maka atribut homestay ini perlu ditingkatkan.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherJurnal Manajemen Indonesia (Universitas Telkom)en_US
dc.relation.ispartofseriesVol. 22, No. 3;pp. 376-395
dc.subjectrumah tinggalen_US
dc.subjectatributen_US
dc.subjectperan mediasien_US
dc.subjectdaya tariken_US
dc.subjectSarawaken_US
dc.titleRevisit Homestay in Kuching, Sarawak: The Perspectives of Local and Foreign Touristen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record