Show simple item record

dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.contributor.authorTheodora Maasawet, Elsje
dc.contributor.authorSushariyanti
dc.date.accessioned2020-04-29T11:18:49Z
dc.date.available2020-04-29T11:18:49Z
dc.date.issued2018-09
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4258
dc.description.abstractSumber Daya Alam (SDA) lokal di udara, perairan, dan daratan di Provinsi Kalimnatan Timur cukup berimpah, dan dapat dimanfaatakan sebagai media pembelajaran ddengan materi biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA). Informasi tentang tanggapan guru-guru biologi SMA tentang pemanfaatan SDA lokal di Provinsi Kalimantan Timur sebagai media pembelajaran masih belum ada. Permasalahan dalam penelitian adalah “apasajakah tanggapan guru-guru biologi SMA di Kota Samarinda tentang pemanfatan sumber daya alam lokal sebagai media pembelajaran biologi di kelas? Jenis penelitian adalah survei. Populasi penelitian adalah seluruh guru biologi SMA yang mengajar di SMA di Kota Samarinda. Sampel penelitian adalah guru-guru yang bersedia dilibatkan sebagai responden. Teknik pengambiilan sampel adalah sampel pertimbangan (purposive sampling). Instrumen penelitian adalah angket. Teknik pengambilan data adalah pengisian angket dan wawancara. Teknik analisis data adalah menggunakan teknik analisis statistic deskriptif (persentase). Ada 25 orang guru-guru SMA di Kota Samarinda yang bersedia dilibatkan sebagai responden. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sebagian besar responden (80%) sering menggunakan media pembelajaran saat mengelola pembelajaran dengan materi biologi di SMA. Ada 30% responden memperoleh media pembelajaran dari internet, dan dibuatkan oleh orang lain. Sebanyak 48% mengakui pernah mengidentifikasi SDA lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di SMA. Sebanyak 75% responden mengakui bahwa kelebihan atau keunggulan pemanfaatan SDA lokal sebagai media pembelajaran adalah: memdahkan siswa memahami materi pelajaran, mudah diperoleh, dan siswa dapat melihat laingsung objek yang dipelajari. Seluruh responden yang belum memanfaatkan SDA lokal sebagai media pembelajaran beralasan bahwa mereka belum memikirkan untuk memanfaatkan SDA lokal sebagai media pembelajaran di SMA. Kesimpulan penelitian bahwa: (1) Sebagian besar guru-guru biologi SMA sering menggunakan media pembelajaran, (2) sebagian kecil guru-guru biologi SMA memperoleh media pembelajaran dari internet dan dibuatkan orang lain, (3) sebagian guru-guru biologi SMA pernah mengidentifikasi SDA lokal sebagai media pembelajaran, (4) sebagian guru-guru biologi SMA yang pernah mengideinfikasi SDA lokal sebagai media pembelajaran, sebagian besar guruguru pernah menggunakan SDA lokal sebagai media pembelajaran, (5) sebagian besar guru-guru biologi SMA yang pernah menggunakan SDA lokal sebagai media pembelajaran mengakui bahwa kelebihan atau keunggulan SDA lokal sebagai media pembelajaran adalah: siswa lebih memahami materi pelajaran, mudah didapat, dan siswa dapat melihat langsung objek belajar, (6) dari sebagian guru-guru biologi SMA yang belum menggunakan SDA lokal sebagai media pembelajaran, mengakui bahwa mereka belum memikirkan untuk menggunakan SDA lokal sebagai media pembelajaran. Saran adalah: guru dan siswa lebih kreatif memilih dan memanfaatkan SDA lokal sebagai media pembelajaran dengan materi biologi di SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPROGRAM STUDI MAGISTER KEGURUAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUALWARMANen_US
dc.titleANALISIS TANGGAPAN GURU-GURU SMA DI KOTA SAMARINDA TENTANG PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM LOKAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGIen_US
dc.typeArticleen_US
dc.typeLearning Objecten_US
dc.typeTechnical Reporten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record