Show simple item record

dc.contributor.authorTanah Boleng, Didimus
dc.date.accessioned2020-04-29T08:13:27Z
dc.date.available2020-04-29T08:13:27Z
dc.date.issued2014-11-01
dc.identifier.isbn978-602-72185-0-5
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4253
dc.description.abstractSebuah penelitian survei telah dilakukan di Kota Samarinda terhadap guru-guru biologi Sekolah Menengah Atas (SMA). Situasi pembelajaran yang diterapkan di kelas, perlu memperhatikan karakter (etnis) siswa di kelas itu. Survei dilaksanakan pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan guru-guru biologi tentang pembelajaran konvensional, terkait dengan pembelajaran biologi di kelas dengan siswa yang multietnis. Sampel penelitian adalah guru-guru biologi SMA baik negeri maupun swasta yang berjumlah 40 orang, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan angket, yang dibagikan kepada setiap guru biologi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif (prosentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 22 orang guru (59,5%) dari guru-guru yang sudah mendengar pembelajaran konvensional, sering menggunakan pembelajaran konvensional, dengan 4 orang guru (18,2%) beralasan bahwa mudah dilaksanakan. Namun demikian, ada 8 orang guru (36,4%) mengatakan bahwa kekurangan pembelajaran konvensional adalah siswa menjadi pasif dan miskonsepsi, sedangkan sebanyak 12 orang guru (54,6%) mengatakan kelebihan pembelajaran konvesional adalah materi lebih tersampaikan. Guru-guru biologi memahami kekurangan dan kelebihan pembelajaran konvensional, sebagian besar masih menggunakannya dalam pembahasan materi biologi di kelas. Guru-guru biologi hendaknya mengurangi keseringan menggunakan pembelajaran konvensional dan lebih memilih dan menggunakan pembelajaran kooperatif pada kelas dengan siswa multietnis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malangen_US
dc.subjectGuru-guru SMA, Pembelajaran Konvensional, Biologi, Siswa Multietnisen_US
dc.titleFenomena Penggunaan Pembelajaran Konvensional oleh Guru-Guru Biologi SMA Samarinda pada Kelas dengan Siswa Multietnisen_US
dc.typeArticleen_US
dc.typeLearning Objecten_US
dc.typeTechnical Reporten_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record