View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Efektifitas Dan Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologi Siswa SMA Multietnis Dengan Menerapkan Pembelajaran PBL dan Inkuiri Terbimbing

Thumbnail
View/Open
Laporan[PenelitianKompetisi_FKIP_NOV_2019]Analisis Efektifitas Dan Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologi Siswa SMA Multietnis Dengan Menerapkan Pembelajaran PBL dan Inkuiri Terbimbing.pdf (969.7Kb)
Date
2019-11-24
Author
Tanah Boleng, Didimus
Theodora Maasawet, Elsje
Maryuti, Nunik
Metadata
Show full item record
Abstract
Analisis Efektivitas dan Pencapaian Indikator-Indikator Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Biologi Siswa SMA Multietnis Dengan Menerapkan Peembelajaran PBL dan Inkuiri Terbimbing. Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas penerapan gabungan PBL dan inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dalam biologi siswa SMA multietnis di Kota Samarinda, dan (2) Efeltivitas penerapan gabungan PBL dan inkuiri terbimbing terhadap pencapaian indikator-indikator keterampilan berpiikir kritis siswa SMA multietnis di Kota Samarinda. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Rancangan penelitian adalah Non-equivalen Pretest-Posttest Control Group Design. Lokasi penelitian adalah seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Samarinda. Objek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMA. Sampel penelitian berupa siswa kelas XI IP A. Pengambilan sampel menggunakkan tekni purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan soalsoal tes. Angket digunakan unuk memperoleh informasi tentang etnis siswa. Soal-soal tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Analisis data enggunakan teknik ststiatik deskriptif (%), dan analisis kovarian (anakova) dengan p<0,05. Jika hasil anakova menunjukkan efek yang signifikan, maka dilanjutkan dengan uji lanjut Least Significance Differencen (LSD) dengan p<0,05. Hasil analisis deskriptif (%) menunjukkan bahwa ada 6 etnis siswa yang paling tinggi jumlah siswanya. Ke enam etnis siswa tersebut adalah: Jawa, Bugis, Kutai, Banajar, Dayak, dan Toraja. Namun karena, etnis: Jawa, Bugis, Kutai, Banjar, dan Kutai saja yang merniliki siswa paling kurang 3 di setiap kelas tertentu; maka etnis-etnis tersebut saja yang dilibatkan dalam penelitian kuasi eksperimen. Hasil ankova data menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA multietnis. Etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Interaksi model pembelajaran dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA multietnis. Selainjutnya, hasil analisis deskriptif (%) tentang capaian masing-masing indikator menunjukkan bahwa: untuk indikator argumentasi (soal nomor 1) gabungan PBL dan inkuiri pealing tinggi; indikator argumentasi (soal nomor 2) inkuiri terbimbing paling tinggi; indikator membuat kesimpulan (soal nomor 3) gabungan PBL dan inkuiri terbimbing tertinggi; indikator memutuskan dan melaksanakan (soal nomor 4) gabungan PBL dan inkuiri terbimbing paling tinggi); dan indikator memutuskan dan melaksanakan ( soal nomor 5) inkuiri terbimbing paling tinggi dalam; dalam memberdayakan memerdayakan masing-masing indikator keterampilan berpikir kritis tersebut. Untuk seluruh indikator, pembelajaran konvensional paling rendah dalam pembeladayaan indikator-indikator tersebut. Model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis; etnis siswa; interaksi model pembelajaran dan etnis siswa tidak berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa multietnis. Pembelajaran yang berbasis scientific approach (PBL, inkuiri terbimbing, serta gabungan PBL dan inkuiri terbimbing) cenderung lebih memberdayakan indikatorindikator keterampilan berpikir kritis (argumentasi, membuat kesimpulan, serta memutuskan dan melaksanakan). Terkait dengan kesimpulan tersebut, guru-guru biologi SMA diharapkan agar lebih sering mempersiapkan dan menerapkan pembelajaran yang berbasis scientific approach tersebut.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/4235
Collections
  • Reports [966]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback