Show simple item record

dc.contributor.authorAkbar, Rizki Setiawan
dc.contributor.authorLubis, Hairani
dc.contributor.authorRamadhani, ay
dc.date.accessioned2022-10-20T03:09:10Z
dc.date.available2022-10-20T03:09:10Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.citationAkbar, R. S., Lubis, H., & Ramadhani, A. (2022). Hubungan Self-Regulated Learning terhadap Daya Juang pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42212
dc.description.abstractDaya juang merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola dan menghadapi kesulitan dalam hidup. Pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi khususnya di masa pandemi, daya juang dibutuhkan agar mahasiswa dapat terus bertahan untuk menyesuaikan diri dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-regulated learning terhadap daya juang pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda yang sedang mengerjakan skripsi daring di masa pandemi Covid-19. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala daya juang berdasarkan teori dari Stolz (2000) dan skala self-regulated learning yang disusun oleh Zimmerman (2011). Hasil uji validitas skala daya juang menunjukkan 32 aitem valid dengan nilai sig antara 0.000 - 0.022 (p < 0.050) dan nilai r antara 0.323 - 0.837 (r > 0.300), kemudian 28 aitem valid pada skala self-regulated learning dengan nilai sig antara 0.000 - 0.026 (p < 0.050) dan nilai r antara 0.315 – 0.871 (r > 0.300). Hasil analisis reliabilitas skala daya juang dinyatakan reliabel dengan nilai alpha = 0.925 dan skala self-regulated learning dinyatakan reliabel dengan nilai alpha = 934 (alpha > 0.700). Hasil analisa data dengan menggunakan korelasi Product Moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara daya juang dengan self-regulated learning dengan nilai r hitung = 0.409 lebih besar dari nilai r tabel = 0.197 dan nilai p = 0.000 (p < 0.050). Artinya semakin tinggi self-regulated learning maka semakin tinggi daya juang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi Covid-19.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.titleHubungan Self-Regulated Learning terhadap Daya Juang pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1602105069


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record