Perbandingan Kualitas Instrumen Tes Pilihan Ganda Matematika SMP Hasil Analisis BILOG-MG dan Quest. Laporan Penelitian,
Abstract
Keakuratan seseorang dalam mengambil suatu keputusan sangat ditentukan oleh keakuratan data/informasi yang diperolehnya melalui pengukuran. Kondisi ini ditentukan oleh
kualitas suatu instrumen pengukuran, terutama di bidang pembelajaran matematika, guna mendukung usaha peningkatan kualitas pendidikan.
Instrumen hasil belajar matematika ini berupa tes Multiple Choise. Kualitas instrumen tersebut dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Pengujian kualitas instrumen secara kuantitatif dilakukan melalui bantuan program aplikasi BILOG-MG dan QUEST. Penggunaan keduanya bertujuan untuk membandingkan tingkat keakuratan hasil analisis butir dari masing-masing program tersebut sehingga diperoleh informasi atau data yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil analisis butir terkait dengan parameter Tingkat Kesukaran. Program aplikasi BILOG-MG menghasilkan 80% butir soal memnuhi kriteria dan QUEST mengahsilkan 100% memenuhi kriteria. Untuk parameter Daya pembeda keduanya menunjukkan hasil yang sama, yaitu 100% memenuhi kriteria. Hasil analisis QUEST juga memperlihatkan hasil Item Fit dan Case Fit yang memenuhi kriteria. Sebagai bentuk luaran dari hasil penelitian ini adalah terpublikasikannya dalam jurnal ilmiah atau prosiding jenjang nasional atau internasional.
Collections
- Reports [941]