View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Others
  • Reports
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kualitas Soal NonRutin Matematika SMP Dalam Peskalaan Graded Response Model. Laporan Penelitian. Penelitian dibiayai oleh DIPA FKIP Unmul 2017, Tahun 2017, hal. 1-53.

Thumbnail
View/Open
GRM (1.015Mb)
Date
2017-10
Author
Sugeng, Sugeng
Fanti, Yulia Dewi Arief
Metadata
Show full item record
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh seperangkat alat ukur hasil belajar matematika yang memenuhi persyaratan kualitas alat ukur (soal) matematika jenjang SMP yang berkualitas dan telah dikembangkan menggunakan pendekatan teori tes modern (Item Response Theory, IRT). Penelitian ex post facto ini dilaksanakan di wilayah Samarinda, yang melibatkan sampel siswa klas VII, VIII, dan IX di SMPN 2 dan SMPN 5 Samarinda tahun 2017. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling pada level sekolah. Alat ukur yang digunakan berupa soal tes matematika dengan penskalaan GRM (Graded Response Model). Model ini dikembangkan oleh Fumiko Samejima (1969). Model GRM menggunakan butir soal dengan penskoran polytomous, yakni penskoran secara berjenjang dengan berdasarkan atas pengklasifikasian respons siswa yang dilakukan menurut jawaban benar atau menurut jawaban salah. Teknik analisis data guna mengetahui kualitas butir soal Matematika dengan penskalaan GRM menggunakan dua cara, yaitu cara kuantitatif dan cara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal matematika dengan penskalaan GRM memenuhi kualitas yang diharapkan. Secara kuantitatif, melalui Analisis Faktor jenis PCA (Principal Component Analysis) alat ukur ini mengukur satu dimensi Secara kualitatif, alat ukur ini memenuhi kriteria kualitas soal menurut aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Soal matematika dengan penskalaan GRM ini disusun berdasarkan materi yang menjadi konsep dasar materi yang dipelajari. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa siswa kelas VII ataupun kelas VIII belum tentu kurang berhasil dibandingkan kelas IX dalam penyelesaian soal matematika dengan penskalaan GRM.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42091
Collections
  • Reports [989]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback