Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.date.accessioned2022-10-11T01:47:46Z
dc.date.available2022-10-11T01:47:46Z
dc.date.issued2018-11
dc.identifier.citationSugeng. (2018)Peranan Interaksi Sosial dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP & MTs. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (UAD), 3 November 2018, ISSN: 2407-7496; halaman 554 - 557en_US
dc.identifier.issnISSN: 2407-7496;
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42087
dc.description.abstractAbstract. Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peranan interaksi sosial dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP dan MTs di daerah Bontang, Kalimantan Timur. Populasi penelitian melibatkan 737 siswa dan sampel yang terambil sebanyak 274 siswa dengan teknik cluster sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan tes. Analisis data menggunaklan teknik path analysis. Sebelum analisis data, dilakukan transformasi dari skala ordinal menjadi skala interval. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf  =5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) interaksi sosial memiliki peran yang signifikan terhadap konsep diri siswa (Ho:x2x1=0 ditolak karena p=0, p<); (2) interaksi sosial memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:yx2=0 ditolak karena p=0, p<); 3) konsep diri memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:yx1=0 ditolak karena p=0,023, p<); dan 4) interaksi sosial dan konsep diri memiliki peran yang signifikan terhadap pencapaian hasil belajar matematika siswa (Ho:pyx1= pyx2 = 0 ditolak p=0, <). Hasil pengujian tidak langsung peran interaksi sosial dalam pencapaian hasil belajar matematika ditunjukkan oleh px2x1 –0,121)=–0,028.en_US
dc.publisherFKIP Universitas Achmad Dahlan (UAD).en_US
dc.relation.ispartofseriesPROSIDING SENDIKMAD. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018.;PROSIDING SENDIKMAD UAD, Vol 6 (2018), 3 November 2018, ISSN: 2407-7496; hal. 554 - 557
dc.subjectInteraksi Sosial, Konsep Diri, Hasil Belajar Matematikaen_US
dc.titlePeranan Interaksi Sosial dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP & MTs.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record