Show simple item record

dc.contributor.authorSholehah, Annisaus
dc.contributor.authorSugeng, Sugeng
dc.contributor.authorWatulingas, Jefferson R.
dc.date.accessioned2022-10-10T22:59:41Z
dc.date.available2022-10-10T22:59:41Z
dc.date.issued2020-10
dc.identifier.citationAnnisaus Sholehah, Sugeng, & Watulingas, Jefferson R. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER SISWA KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer Tahun 2020,. Penyelenggara: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman. 01 Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2,en_US
dc.identifier.issnProsiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer Tahun 2020,. Penyelenggara: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman. 01 Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2, Penulis:
dc.identifier.issnISSN : 2721-692
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42084
dc.description.abstractPenelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahi kemampuan pemecahan masalah matematika materi program linear di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa, dengan objek penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika materi program linear. Instrument yang digunakna untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi, tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 3 butir soal, dan wawancara kepada 4 siswa yang mewakili setiap kategori kemampuan. Teknik analisis data meliputi hasil observasi, penilaian hasil tes kemampuan, pengelompokan siswa berdasarkan hasil tes kemampuan, wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori kemampuan kurang dengan persentasi sebesar 65%. Kendala yang dialami responden terdapat beberapa kesamaan, yakni kesulitan dalam memisalkan unsur yang diketahui dari soal menjadi bentuk variabel x dan y serta menentukan tanda pertidaksamaan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal dalam bentuk kontekstual dan siswa diminta untuk mengolah informasi yang ada, melakukan penalaran, serta menyajikan hasil penalaran ke dalam ranah konkret.en_US
dc.publisherPMIPA FKIP Universitas Mulawarmanen_US
dc.relation.ispartofseriesPROSIDING SemNas PMSGK PMIPA FKIP Universitas Mulawarman 2020.;Prosiding SemNas PMSGK PMIPA FKIP Unimul Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2.
dc.subjectKemampuan, Pemecahan Masalah Matematika, Program Linieren_US
dc.titleKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER SISWA KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SAMARINDA.en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record