dc.contributor.author | Sholehah, Annisaus | |
dc.contributor.author | Sugeng, Sugeng | |
dc.contributor.author | Watulingas, Jefferson R. | |
dc.date.accessioned | 2022-10-10T22:59:41Z | |
dc.date.available | 2022-10-10T22:59:41Z | |
dc.date.issued | 2020-10 | |
dc.identifier.citation | Annisaus Sholehah, Sugeng, & Watulingas, Jefferson R. (2020). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER SISWA KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SAMARINDA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer Tahun 2020,. Penyelenggara: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman. 01 Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2, | en_US |
dc.identifier.issn | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer Tahun 2020,. Penyelenggara: PMIPA FKIP Universitas Mulawarman. 01 Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2, Penulis: | |
dc.identifier.issn | ISSN : 2721-692 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/42084 | |
dc.description.abstract | Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahi kemampuan pemecahan masalah matematika materi program linear di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020, dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa, dengan objek penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika materi program linear. Instrument yang digunakna untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi, tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 3 butir soal, dan wawancara kepada 4 siswa yang mewakili setiap kategori kemampuan. Teknik analisis data meliputi hasil observasi, penilaian hasil tes kemampuan, pengelompokan siswa berdasarkan hasil tes kemampuan, wawancara, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika berada pada kategori kemampuan kurang dengan persentasi sebesar 65%. Kendala yang dialami responden terdapat beberapa kesamaan, yakni kesulitan dalam memisalkan unsur yang diketahui dari soal menjadi bentuk variabel x dan y serta menentukan tanda pertidaksamaan. Hal ini disebabkan karena siswa tidak terbiasa menyelesaikan soal dalam bentuk kontekstual dan siswa diminta untuk mengolah informasi yang ada, melakukan penalaran, serta menyajikan hasil penalaran ke dalam ranah konkret. | en_US |
dc.publisher | PMIPA FKIP Universitas Mulawarman | en_US |
dc.relation.ispartofseries | PROSIDING SemNas PMSGK PMIPA FKIP Universitas Mulawarman 2020.;Prosiding SemNas PMSGK PMIPA FKIP Unimul Oktober 2020, hal. 51-57, ISSN : 2721-692 , edisi 2. | |
dc.subject | Kemampuan, Pemecahan Masalah Matematika, Program Linier | en_US |
dc.title | KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PROGRAM LINIER SISWA KELAS XI BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK NEGERI 10 SAMARINDA. | en_US |
dc.type | Article | en_US |