Hubungan Stres Kerja dengan Motivasi Kerja pada Guru yang Bekerja dari Rumah di Kota Samarinda
View/ Open
Date
2022-03-11Author
Abdhallia, Khairisa
Rifayanti, Rina
Rahmah, Dian Dwi Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres kerja dengan motivasi kerja guru SMA/SMK yang bekerja dari rumah di Kota Samarinda Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 orang guru yang bekerja dari rumah yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunaka n skala yang telah dimodifikasi dari teori Utomo (2009) yakni skala motivasi kerja dan stres kerja. Teknik analisis data dengan menggunakan uji analisis Corelation Product Moment dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara stres kerja dengan motivasi kerja dengan nilai r hitung = -0.530 > nilai r tabel = 0.161 dan nilai p = 0.000 (p < 0.050). Hal ini berarti stres kerja memiliki hubungan atau korelasi dengan motivasi kerja. Semakin tinggi stres kerja, maka akan semakin rendah pula motivasi kerja pada guru yang bekerja dari rumah.
Collections
- S1-Psikologi [98]