Show simple item record

dc.contributor.authorUNTU, ZAINUDDIN
dc.date.accessioned2022-08-20T07:53:42Z
dc.date.available2022-08-20T07:53:42Z
dc.date.issued2022-06-01
dc.identifier.citation-en_US
dc.identifier.issn51 - 60
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/40353
dc.descriptionMETAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKAen_US
dc.description.abstractABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metakognisi siswa SD, SMP, dan SMA dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan metode Systematic Literature Review. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metakognisi awareness pada siswa SD, SMP, dan SMA yaitu memikirkan apa yang telah diketahui dan ditanyakan pada masalah dan memikirkan apakah semua informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa SMP juga dapat mengingat kembali apakah pernah menyelesaikan masalah seperti ini sebelumnya, memikirkan apakah pengetahuan sebelumnya dapat membantu menyelesaikan masalah, serta menghubungkan apa yang telah diketahui dan ditanyakan pada masalah dengan pengetahuan sebelumnya. Pada metakognisi regulation, siswa dapat memilih langkahlangkah penyelesaian yang sesuai dengan informasi yang terdapat pada masalah dan menerapkan langkah-langkah penyelesaian yang telah dipilih untuk menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, siswa SMP juga dapat memikirkan langkah-langkah penyelesaian yang berhubungan dengan pengetahuan sebelumnya. Pada metakognisi evaluation, siswa memeriksa kembali apakah semua langkah-langkah penyelesaian sudah diterapkan dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa SMA juga dapat memutuskan bahwa langkah yang digunakan sudah sesuai dan penyelesaian yang diperoleh sudah benar.en_US
dc.description.sponsorshipFKIP UNMULen_US
dc.publisherJurnal PRIMATIKA, Volume 11, Nomor 1, Juni 2022en_US
dc.relation.ispartofseriesVolume 11;No. 1
dc.subjectMetakognisi, Memecahkan Masalah Matematika, Systematic Literature Reviewen_US
dc.titleMETAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKAen_US
dc.title.alternativeMETAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record