Show simple item record

dc.contributor.authorWelha, Three Putri
dc.contributor.authorRamadhani, Ayunda
dc.contributor.authorRasyid, Miranti
dc.date.accessioned2022-08-10T02:03:03Z
dc.date.available2022-08-10T02:03:03Z
dc.date.issued2021-03-18
dc.identifier.citationWelha, T. P., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Manajemen Diri terhadap Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Berkuliah Sambil Bekerja. Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/39234
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara motivasi berprestasi dan manajemen diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas mulawarman yang berkuliah sambil bekerja. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa universitas mulawarman yang berkuliah sambil bekerja dan berada pada usia dewasa awal, dengan jumlah sampel 121 orang mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik dengan purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Statistikal Packages for Social Science (SPSS) versi 25.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi berprestasi dan manajemen diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas mulawarman yang berkuliah sambil bekerja dengan nilai diperoleh F hitung > F tabel (64.997 > 3.07) dan nilai p = 0.000 < 0.050. Kontribusi pengaruh (R2) motivasi berprestasi dan manajemen diri terhadap prokrastinasi akademik adalah sebesar 0.524 (52,4 persen). Terdapat pengaruh negatif yang signifikan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik dengan koefisien nilai beta = -0,.552, t hitung > t tabel (-5.490 > 1.980) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05), dimana hal ini berarti semakin rendah motivasi berprestasi yang dimiliki mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja maka semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademiknya, begitu pula sebaiknya. Selanjutnyan terdapat pengaruh negatif yang signifikan manajemen diri terhadap prokrastinasi akademik dengan koefisien nilai beta = -0.246, t hitung > t tabel (-2.592 > 1.980) dan nilai p = 0.000 (p< 0.05) dimana hal ini berarti semakin rendah manajemen diri yang dimiliki mahasiswa yang berkuliah sambil bekerja maka semakin tinggi tingkat prokrastinasi akademiknya, begitu pula sebaiknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherProgram Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarmanen_US
dc.titlePengaruh Motivasi Berprestasi dan Manajemen Diri terhadap Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Berkuliah Sambil Bekerjaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1502105030


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record