Hubungan Interaksi Teman Sebaya dan Dukungan Orangtua dengan Minat Melanjutkan Pendidikan pada Santri MA Bina Islam Tanah Grogot
View/ Open
Date
2021-09-23Author
Aprido, Nisa Yusnidar
Sofia, Lisda
Rasyid, Miranti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dan dukungan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan pada santri MA Bina Islam Tanah Grogot. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 78 santri kelas X, XI dan XII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala minat melanjutkan pendidikan, skala interaksi teman sebaya dan skala dukungan orangtua. Data yang dapat dianalisis menggunakan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Science (SPSS) 21.0 for windows.
Berdasakan hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan minat melanjutkan pendidikan pada
santri dengan koefisien (β) = 0.350, serta nilai t hitung > t tabel (3.205 > 1.989) dan
nilai p = 0.005(p < 0.05); (2) ada hubungan positif dan signifikan antara dukungan
orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan pada santri dengan koefisien (β) =
0.328, serta nilai t hitung > t tabel (3.003 > 1.989) dan nilai p = 0.004 (p < 0.05); (3)
ada hubungan positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan dukungan
orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan pada santri dengan nilai f hitung > f
tabel (20.242 > 3.12) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi hubungan R² interaksi
teman sebaya dan dukungan orangtua dengan minat melanjutkan pendidikan adalah
sebesar 0.351.
Collections
- S1-Psikologi [98]