Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah
View/ Open
Date
2022-02-10Author
Silfina, Dhea
Sofia, Lisda
Rahmah, Dian Dwi Nur
Metadata
Show full item recordAbstract
Keputusan pembelian adalah perilaku yang disengaja berdasarkan keinginan
yang ditimbulkan ketika konsumen secara sadar memilih salah satu alternatif
perilaku yang tersedia. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi konsumen
dalam proses mengambil sebuah keputusan untuk membeli suatu barang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan
pembelian produk wardah. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif.
Subjek penelitian ini adalah perempuan di Samarinda yang menggunakan produk
wardah, dengan jumlah sampel 100 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program
Statistical Packages for Social Science (SPSS) 25.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara
kesadaran merek dengan keputusan pembelian produk wardah dengan nilai
perhitungan yang diperoleh yaitu F hitung < F tabel (0.154 < 3.94) dan nilai p =
0.696 (p > 0.05). Kontribusi pengaruh (R2) kesadaran merek terhadap keputusan
pembelian produk wardah adalah sebesar 0.002. Hal ini menunjukkan bahwa
kesadaran merek memberikan kontribusi pengaruh sebesar 0.02 persen terhadap
keputusan pembelian.
Collections
- S1-Psikologi [98]