Pengaruh Strategi Bisnis dan Persaingan Pasar Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan & Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji pengaruh strategi bisnis dan persaingan pasar terhadap manajemen laba ke pasar modal Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari laporan keuangan yang telah diaudit pada perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Ada 18 perusahaan yang dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi kepemimpinan biaya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemungkinan perusahaan melakukan praktik manajemen laba, sedangkan strategi diferensiasi berpengaruh negatif dan signifkan, persaingan pasar berpengaruh positif dan tidak signifikan.
Collections
- S1-Akuntansi [453]