Show simple item record

dc.contributor.authorSubagiyo, Lambang
dc.contributor.authorGani, Irwan
dc.date.accessioned2022-06-16T04:21:56Z
dc.date.available2022-06-16T04:21:56Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38228
dc.description.abstractSertifikasi pendidik merupakan upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan guru, sehingga diharapkan dapat meningkatkan profesionalitas guru dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi dan kinerjanya. Penelitian dilaksanakan di 5 kabupaten/Kota di Kalimantan Timur. Dari hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa sertifikasi guru di Kaltim memberi dampak positif dalam peningkatan mutu dan kinerja guru dengan skor lebih 80%. Namun, standar kinerja yang dipenuhi oleh guru, cenderung hanya bersifat pemenuhan kewajiban dan belum merupakan perwujudan dari budaya kerja profesional. Hasil olahan data memetakan menjadi 2 blok dalam peningkatan mutu guru yaitu kelompok pertama kompetensi pedagogi dan sosial, yang menunjukkan bahwa kompetensi pedagogi dan sosial dapat secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru. Sedangkan kelompok kedua terdiri atas kompetensi profesional dan kepribadian mampu menunjukkan secara independen atau bersamaan membentuk tingkat profesionalisme guru tersertifikasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Negeri Jakartaen_US
dc.relation.ispartofseriesKonvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII;1550-1556
dc.subjectSertifikasi guru, Kinerja, Kompetensi, Profesionalen_US
dc.titleDAMPAK SERTIFIKASI GURU TERHADAP PENINGKATAN KINERJA DAN KOMPETENSI GURU DI KALIMANTAN TIMURen_US
dc.typePresentationen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record