Show simple item record

dc.contributor.authorFitriani, Yeni
dc.contributor.authorCandra, Krishna Purnawan
dc.contributor.authorRahmadi, Anton
dc.date.accessioned2020-02-10T06:05:56Z
dc.date.available2020-02-10T06:05:56Z
dc.date.issued2019-08-07
dc.identifier.citationFitriani, Y., Candra, K.P., Rahmadi, A., 2019. Kepadatan mikrobiologi dan total asam tertitrasi pada biji kakao yang difermentasi dengan kultur pemula Saccharomyces cereviceae dan Acetobacter aceti. Seminar Nasional Pertanian 2019, Balikpapan 7-8 Agustus 2019. [Abstrak]. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Samarinda. pp. 44.
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/3713
dc.descriptionAbstrak Seminar Nasional 2019 Faperta Universitas Mulawarman, Balikpapan 7-8 Agustus 2019
dc.description.abstractProses fermentasi biji kakao ditingkat petani pada umunya tidak terkontrol dan dilakukan secara spontan yaitu secara alami tanpa menggunakan penambahan starter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepadatan mikrobiologi (total bakteri, bakteri asam laktat dan kapang-khamir), nilai pH dan total asam tertitrasi selama fermentasi. Proses fermentasi dilakukan dengan cara penambahan starter Saccharomyces cerevisiae, Acetobacter aceti dan campuran keduanya selama 1 s.d 4 hari. Setiap hari, sampel hasil fermentasi diuji pertumbuhan total bakteri, bakteri asam laktat dan total kapang-khamir dengan metode hitungan cawan (TPC) serta total asam dengan metode titrasi. Hasil terbaik diperoleh dari perlakuan fermentasi selama 4 hari dengan penambahan starter Acetobacter aceti. Proses fermentasi biji kakao yang dapat diiplementasikan di tingkat petani adalah dengan penambahan starter Acetobacter aceti selama 4 hari.
dc.publisherFakultas Pertanian Universitas Muawarmanen_US
dc.subjectBakteri Asam Laktat, Kakao, Total Bakteri, Total Kapang-Khamir, Starteren_US
dc.titleKepadatan mikrobiologi dan total asam tertitrasi pada biji kakao yang difermentasi dengan kultur pemula Saccharomyces cerevisiae dan Acetobacter aceti
dc.typePresentationen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record