View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Economics and Business
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Articles
  • A - Economics and Business
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

STRATEGI AKUNTANSI MANAJEMEN RUMAH SAKIT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Thumbnail
View/Open
LAPORAN HASIL - PENELITIAN DOSEN - ISKANDAR, KUSUMAWARDANI, SYAKURA - 2021 - FIX REVISI READY.docx (350.9Kb)
Date
2021-09-29
Author
Kusumawardani, Anisa
Metadata
Show full item record
Abstract
Pandemi COVID-19 memberikan efek yang sangat besar terhadap perekonomian dunia. Hampir semua industri terkena dampak dari penyebaran virus COVID-19 yang massive. Ketakutan masyarakat terhadap virus COVID-19 menimbulkan suatu phobia yang mengakibatkan masyarakat takut untuk keluar rumah. Salah satu yang paling terkena dampak adalah hospitality industry. Dalam menjalankan bisnis hospitality industry, manajemen rumah sakit harus dapat mengelola pembiayaan kesehatan yang diperoleh. Segala bentuk aktivitas rumah sakit memerlukan proses manajemen strategi, termasuk yang terkait dengan kebijakan dalam rangka menghadapi masa pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 secara tidak langsung juga pasti akan mempengaruhi gaya akuntabilitas termasuk pada para akuntan di rumah sakit. Sementara itu penelitian akuntansi terkait pandemi COVID-19 memunculkan berbagai tantangan dan kebutuhan. Penelitian ini dapat menampilkan gambaran yang kongkrit terkait bagaimana manajemen rumah sakit menerapkan kebijakan di bidang akuntansi manajemen untuk dapat going concern dan tetap mempertahankan kualitas pelayanannya kepada para pasien. Penelitian ini berhasil menemukan bahwa strategi manajemen yang dilakukan oleh entitas rumah sakit saat awal masa pandemi adalah dengan mengedukasi masyarakat agar tidak takut untuk memeriksakan diri ke rumah sakit dan melakukan investasi aset yaitu dengan membeli beberapa peralatan perawatan pasien covid serta mengubah layout ruangan untuk memenuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Strategi yang dilakukan entitas rumah sakit di masa pandemi adalah dengan melakukan efisiensi dan memaksimalkan pendapatan dengan cara menambah ruangan isolasi covid dan menambah Length Of Stay (LOS) untuk pasien BPJS. Selain itu manajemen rumah sakit juga menyayangkan perihal kebijakan pemerintah yang tidak mempertimbangkan kondisi daerah lain dalam membuat kebijakan serta kurangnya sosialisasi dan koordinasi dalam pelaksanaan suatu kebijakan dengan pihak terkait. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan interpretif, penelitian ini juga diharapkan berkontribusi dalam rangka pengembangan kurikulum mata kuliah akuntansi manajemen di Prodi Akuntansi FEB Unmul agar sesuai dengan situasi terkini untuk dapat menghasilkan akuntan yang profesional dan kompeten khususnya di bidang akuntansi rumah sakit. Keywords: Hospitality Industry, Akuntansi Manajemen, Manajemen Strategi, Akuntansi Rumah Sakit, Pandemi Cov
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/33711
Collections
  • A - Economics and Business [669]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback