PENGARUH KREATIVITAS DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS LABBAIKA DAN MTS AL MUJAHIDIN 2 SAMARINDA
Date
2021-05-05Author
Rohimah, Rohimah
Dimpudus, Dimpudus
Sugeng, Sugeng
Metadata
Show full item recordAbstract
PENGARUH KREATIVITAS DAN PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR
MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS LABBAIKA DAN MTS AL
MUJAHIDIN 2 SAMARINDA
Rahimah1
*, Ariantje Dimpudus2
, Sugeng3
1, 2, 3Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
*Penulis Korespodensi: rahimah@gmail.com
Abstrak
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kreativitas dan percaya diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Labbaika
dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Pelaksanaan penelitian pada
bulan Desember 2019 dengan subjek penelitian sebanyak 149 siswa. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh
data kreativitas dan percaya diri siswa, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh hasil
belajar matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik
inferensial dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
kreativitas dan percaya diri siswa berkategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika
46,35 berkategori rendah. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda diperoleh
nilai konstanta sebesar 0,708; nilai koefisien regresi kreativitas sebesar 0,406; dan nilai
koefisien regresi percaya diri sebesar 0,319. Kontribusi variabel kreativitas dan percaya diri
siswa terhadap hasil belajar matematika sebesar 20%. Untuk variabel kreativitas dan percaya
diri masing-masing diperoleh nilai dari probabilitas sebesar 0,004 dan 0,010. Dengan demikian,
maka ditemukan bahwa terdapat pengaruh kreativitas dan percaya diri terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas VIII MTs Labbaika dan MTs Al Mujahidin 2 Samarinda tahun ajaran
2019/2020.