View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Akuntabel
  • J - Teacher Training and Education
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Akuntabel
  • J - Teacher Training and Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN JENIS KESALAHAN NEWMAN DAN SCAFFOLDING

Thumbnail
View/Open
Prosiding Seminar Jurusan Pendidikan MIPA 2020.pdf (21.50Mb)
Date
2021-05-05
Author
Tionida, Fery
Dimpudus, Ariantje
Metadata
Show full item record
Abstract
Abstrak Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan jenis kesalahan Newman sebelum dan sesudah diberikan scaffolding, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dan mengetahui bentuk scaffolding yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di kelas X SMA Negeri 10 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 10 Samarinda. Sedangkan objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sebelum dan sesudah diberikan scaffolding. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis, dan wawancara beserta scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal nomor 1, 2 dan 4, jumlah siswa yang melakukan kesalahan Newman sebelum diberikan scaffolding lebih banyak dibandingkan setelah diberikan scaffolding. Hal ini menunjukkan scaffolding yang telah diberikan kepada siswa dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan. Sedangkan pada soal nomor 3, jumlah kesalahan Newman sebelum diberikan scaffolding lebih sedikit dibandingkan setelah diberikan scaffolding. Hal ini menunjukkan bahwa scaffolding yang telah diberikan pada pada soal nomor 3 tidak dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa. Faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) siswa tidak menguasai materi prasyarat, (2) tidak menguasai materi SPLTV, (3) akibat kesalahan pada jenis kesalahan sebelumnya, (4) siswa tidak teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan, kekurangan waktu dan terkecoh dan (5) siswa tidak cermat dalam membuat permisalan. Sedangkan bentuk scaffolding yang diberikan yaitu explaining, reviewing, dan restructuring.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/29567
Collections
  • J - Teacher Training and Education [509]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback