ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) BERDASARKAN JENIS KESALAHAN NEWMAN DAN SCAFFOLDING
Abstract
Abstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kesalahan
yang dilakukan siswa berdasarkan jenis kesalahan Newman sebelum dan sesudah diberikan
scaffolding, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dan mengetahui
bentuk scaffolding yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh
siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
(SPLTV) di kelas X SMA Negeri 10 Samarinda tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas X MIPA 9 SMA Negeri 10 Samarinda. Sedangkan objek penelitian ini
adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi Sistem Persamaan Linear
Tiga Variabel (SPLTV) sebelum dan sesudah diberikan scaffolding. Teknik pengumpulan data
penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis, dan wawancara beserta scaffolding.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada soal nomor 1, 2 dan 4, jumlah siswa yang
melakukan kesalahan Newman sebelum diberikan scaffolding lebih banyak dibandingkan
setelah diberikan scaffolding. Hal ini menunjukkan scaffolding yang telah diberikan kepada
siswa dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan. Sedangkan pada soal nomor 3, jumlah
kesalahan Newman sebelum diberikan scaffolding lebih sedikit dibandingkan setelah diberikan
scaffolding. Hal ini menunjukkan bahwa scaffolding yang telah diberikan pada pada soal nomor
3 tidak dapat meminimalisir kesalahan yang dilakukan siswa. Faktor-faktor penyebab siswa
melakukan kesalahan adalah (1) siswa tidak menguasai materi prasyarat, (2) tidak menguasai
materi SPLTV, (3) akibat kesalahan pada jenis kesalahan sebelumnya, (4) siswa tidak teliti,
tergesa-gesa dalam mengerjakan, kekurangan waktu dan terkecoh dan (5) siswa tidak cermat
dalam membuat permisalan. Sedangkan bentuk scaffolding yang diberikan yaitu explaining,
reviewing, dan restructuring.