PENGARUH PENGALAMAN KOGNITIF DAN PENGALAMAN AFEKTIF TERHADAP NILAI YANG DIRASAKAN DAN NIAT BELI PADA APLIKASI DULUX VISUALIZER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Experience dan Affective Experience terhadap Perceived Value dan Purchase Intention pada aplikasi Dulux Visualizer. Terkadang penggunaan teknologi AR tidak sesuai dengan harapan konsumen, seperti produk tiruan pada teknologi AR tidak sesuai dengan yang dibayangkan konsumen di dunia nyata. Fenomena tersebut dapat menurunkan niat beli konsumen dalam membeli suatu produk. Sampel dalam penelitian ini adalah responden yang pernah menggunakan aplikasi Dulux Visualizer sebanyak 190 pengguna. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan alat analisis data dengan menggunakan metode analisis Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengalaman kognitif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai yang dirasakan, 2) Pengalaman afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai yang dirasakan, 3) Pengalaman kognitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, 4) Pengalaman afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, 5) Nilai yang dirasakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, 6) Pengalaman kognitif berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap niat beli melalui nilai yang dirasakan, dan 7) Pengalaman afektif berpengaruh positif dan tidak signifikan