dc.description.abstract | Abstrak
Kerangka kerja pembelajaran abad 21 tampak bahwa kurikulum menjadi salah satu fundamen
penting dalam menentukan. Salah satu aspek penyempurnaan kurikulum 2013 yaitu pada
standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur
kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun pada penerapannya para guru khususnya mata
pelajaran matematika sangat jarang memberikan soal tipe HOTS kepada siswa dikarenakan
harus mengejar materi pembelajaran dengan waktu yang telah disesuaikan. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe
HOTS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan
tes dan wawancara. Data dianalisis dengan cara mereduksi, menampilkan, dan menyimpulkan
data. Kemudian dilakukan pemeriksaan keabsahan data (triangulasi) menggunakan triangulasi
teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menyelesaikan
soal matematika tipe HOTS siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Samarinda pada materi Teorema
Pythagoras tergolong dalam kategori kemampuan kurang. Diperoleh faktor penyebab hal
tersebut adalah siswa hanya berorientasi pada rumus umum teorema Pythagoras tanpa
pemahaman yang benar, keliru dalam menafsirkan gambar pada soal dan siswa belum terbiasa
mengerjakan soal tipe HOTS atau soal yang tidak rutin dari hanya sekedar soal yang
membutuhkan kemampuan mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan (C3).
Kata kunci: Kemampuan, menyelesaikan soal tipe HOTS, pythagora | en_US |