Show simple item record

dc.contributor.authorRiyadi, Riyo
dc.date.accessioned2022-03-05T16:22:30Z
dc.date.available2022-03-05T16:22:30Z
dc.date.issued2021-12-30
dc.identifier.issn2810-0999
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/21734
dc.description.abstractGuru dan siswa menggunakan google classroom untuk membantu proses pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat seberapa efektif proses pembelajaran menggunakan google classroom yang telah diberikan oleh guru kepada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subjek 6 siswa dan 4 guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data dalam meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan google classroom pada pembelajaran IPS di Kelas VIII cukup efektif. Efektifnya dilihat pada pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang telah melakukan arahan dan persiapan, dari segi komunikasinya cukup baik, dan aktivitas pembelajaran yang dapat menghemat waktu dan efektif, serta performa google classroom yang dapat dipahami oleh guru dan siswa sebagai pengguna. Didukung dengan hasil kuesioner (97,3%) google classroom efektif digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keefektifan pembelajaran menggunakan google classroom berada dalam kategori efektif. Namun terdapat ketidak maksimalanya pada guru dan siswa belum melakukan komunikasi dengan diskusi online melalui google classroom artinya guru hanya menggunakan google classroom dalam beberapa hal saja seperti menyampaikan tugas, absen dan penilaian.en_US
dc.relation.ispartofseries1;2
dc.subjectEfektivitas, Google classroomen_US
dc.titleEFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 SAMARINDAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record