Show simple item record

dc.contributor.authorWarman, Warman
dc.contributor.authorWingkolatin, Wingkolatin
dc.date.accessioned2019-11-05T16:03:28Z
dc.date.available2019-11-05T16:03:28Z
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1962
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap supervisi akademik kepala sekolah, mengetahui masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan supervise akademik dan mengetahui persepsi kepala sekolah dalam perbaikan kedepan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 02, SD Negeri 011, SD Negeri 012 dan SD Negeri 017 yang berlokasi di kecamatan Samarinda Utara. Persepsi guru diukur dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data focused group discussion (FGD), wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model persentase sedangkan pengukurannya menggunakan skala likert yang sudah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persepsi guru terhadap supervise akademik oleh Kepala Sekolah SD di Kecamatan Samarinda Utara tergolong cukup baik. (2) Masalah yang dihadapi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik adalah: rata-rata guru belum bias mengoperasikan media elektronik, ada beberapa guru yang enggan belajar hal-hal yang baru, sarana dan prasarana belum mencukupi, kepala sekolah terlalu banyak beban tugas. (3) Pendapat kepala sekolah untuk perbaikan ke depan antara lain: (a) menugaskan guru yang lebih kompeten untuk melaksanakan supervisi akademik, (b) berusaha melengkapi sarana dan prasarana yang kurang, (c) melakukan pendekatan secara personal kepada guru-guru yang sulit berubah untuk melakukan perubahan, (d) mengadakan pendidikan dan pelatihan secara teratur dan berkesinambungan.
dc.titlePERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record