View Item 
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Pemerintahan
  • View Item
  •   Unmul Repository Home
  • Skripsi
  • TA - Social and Political Sciences
  • S1-Ilmu Pemerintahan
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Studi Tentang Prosedur Pelayanan Administrasi Dalam Pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C Di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda

Thumbnail
View/Open
Jurnal%20Zintike%20Irene%20Masakke.%20IP.%201302025295%20(08-06-21-01-10-29)[1].pdf (482.5Kb)
Date
2021-08-06
Author
Irene Masakke, Zintike
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda, untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) C di Kantor Satuan Lalu Lintas Kota Samarinda sudah baik. Hal tersebut di identifikasi dari: Mempersiapkan fotocopy KTP selama ini sudah baik dilakukan masyarakat, untuk memenuhi persyaratan dalam pembuatan SIM C. Selama ini dalam pembuatan SIM, semua masyarakat dapat melengkapi prosedur surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Masyarakat diberikan formulir oleh petugas Satlantas. Masyarakat dapat mudah melakukan pengisian formulir, karena tampilan yang sangat sederhana. Ujian teori harus di ikuti oleh masyarakat dalam pembuatan SIM C. Ujian praktik harus masyarakat ikuti, agar mendapatkan penilaian yang baik untuk menentukan kelulusan mendapatkan SIM C. Dalam pembuatan SIM, masyarakat harus melakukan tanda tangan, pengambilan sidik jari, dan foto, selama ini pemohon lakukan prosedur tersebut dengan baik. Faktor penghambat prosedur pelayanan administrasi dalam pembuatan SIM di Satlantas yaitu lambatnya jaringan online, adanya pengurangan jumlah pemohon SIM yang dilayani, kesadaraan masyarakat yang tidak membuat SIM, dan dari masyarakat yang tidak bisa menggunakan komputer untuk ujian teori, dan faktor pendukung dari adanya penambahan sarana prasarana yang masih kurang, petugas melakukan pemeliharaan dan perbaikan sarana prasarana yang berkesinambungan, kepedulian petugas, dengan ramah dan sopan, keakuratan pelayanan, jaminan rasa aman, dan kenyamanan pelayanan.
URI
http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/19423
Collections
  • S1-Ilmu Pemerintahan [4]

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback
 

 

Browse

All of Unmul RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

Repository Universitas Mulawarman copyright ©   LP3M Universitas Mulawarman
Jalan Kuaro Kotak Pos 1068
Telp. (0541) 741118
Fax. (0541) 747479 - 732870
Samarinda 75119, Kalimantan Timur, Indonesia
Contact Us | Send Feedback