Sertifikat Webinar Nasional Jurusan Ilmu Pendidikan
Abstract
Tujuan analisis kelayakan isi buku teks pembelajaran matematika siswa kelas IV SD/MI pada materi Pengukuran Sudut terbitan Mediatama adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD. Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Sebagai buku pendamping dari buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sangat perlu dievaluasi supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi (documentary study) dengan pendekatan analisis isi (content analisis). Pengumpulan data yang dilakukan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD/MI dan kesesuaiannya dengan K-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD/MI yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas IV SD/MI. Dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase dari setiap aspek.
Hasil analisis pada buku teks pembelajaran matematika kelas IV SD/MI pada materi Pengukuran Sudut terbitan Mediatama adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 96% atau pada kategori sangat layak. (2) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 91% atau pada kategori sangat layak Tujuan analisis kelayakan isi buku teks pembelajaran matematika siswa kelas IV SD/MI pada materi Pengukuran Sudut terbitan Mediatama adalah untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian dalam penyusunan buku teks siswa berdasarkan KI dan KD. Analisis ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu dalam penyusunan buku teks selain itu buku teks sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013. Sebagai buku pendamping dari buku terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sangat perlu dievaluasi supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai.
Metode dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi (documentary study) dengan pendekatan analisis isi (content analisis). Pengumpulan data yang dilakukan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi buku teks siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD/MI dan kesesuaiannya dengan K-13. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas buku teks siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD/MI yang digunakan oleh pendidik serta peserta didik kelas IV SD/MI. Dalam penulisan ini, pedoman dokumentasi yang digunakan berdasarkan dimensi pengetahuan, dan dimensi keterampilan yang ditetapkan oleh BSNP. Selanjutnya pengumpulan data menggunakan teknik skoring. Teknik ini dilakukan dengan memberi tanda check list pada lembar penskoran sesuai kriteria penilaian. Adapun teknik analisis data berikutnya adalah menghitung persentase dari setiap aspek.
Hasil analisis pada buku teks pembelajaran matematika kelas IV SD/MI pada materi Pengukuran Sudut terbitan Mediatama adalah sebagai berikut: (1) Kelayakan pada dimensi pengetahuan adalah sebesar 96% atau pada kategori sangat layak. (2) Kelayakan pada dimensi keterampilan adalah sebesar 91% atau pada kategori sangat layak
Collections
- Sertifikat [5338]