Show simple item record

dc.contributor.authorQadar, Riskan
dc.date.accessioned2019-11-05T15:29:24Z
dc.date.available2019-11-05T15:29:24Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.issnJurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1812
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengases aspek afektif dan kognitif pada pembelajaran optika dengan pendekatan demonstrasi interaktif. Penelitian menggunakan desain eksperimen dan melibatkan sebanyak 33 orang calon gurufisika semester kelima di LPTK Kalimantan Timur sebagai subyek penelitian. Data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakanlembar observasi untuk aspek afektif dan instrumen tes model pilihan ganda untuk aspek kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen afektif memperlihatkan adanya peran untuk memperbaiki pembelajaran. Calon guru memperlihatkan hal-hal yang berhubungan dengan emosional seperti perasaan, nilai-nilai, apresiasi, antuisme, dan motivasi dalam perkuliahan untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Tahap aspek afektif yang diperlihatkan memiliki persentase sesuai perilaku yang terdiri dari tahap menerima, menanggapi, menghargai, organisasi, dan karakterisasi. Adapun kemampuan kognitif calon guru mengalami peningkatan N-gain sebesar 0, 48.
dc.subject2355-7109
dc.titleMengakses Aspek Afektif Dan Kognitif Pada Pembelajaran Optika Dengan Pendekatan Demonstrasi Interaktif


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record