Show simple item record

dc.contributor.authorSulaeman, Nurul Fitriyah
dc.contributor.authorHaryanto, Zeni
dc.contributor.authorSyam, Muliati
dc.contributor.authorQadar, Riskan
dc.contributor.authorMatius, Benyamin
dc.date.accessioned2019-11-05T12:12:10Z
dc.date.available2019-11-05T12:12:10Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.issn-
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/1686
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengetahui dampak asesmen sebaya pada pembelajaran fisika menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian menggunakan desain eksperimen dan melibatkan 33 orang peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 1 Bontang sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan instrumen tes model pilihan ganda dan lembar observasi untuk asesmen sebaya. Kompetensi kognitif asesmen sebaya dan tes pilihan ganda meliputi: menganalisis konsep energi, usaha (kerja), hubungan usaha (kerja) dan perubahan energi, hukum kekekalan energi, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian memperlihatkan kedua instrumen berdistribusi normal dan homogen. Skor asesmen sebaya dengan skor tes akhir memiliki korelasi 0,411 dengan signifikasi sebesar 0,019. Dampak antara tes awal dengan tes akhir berdasarkan uji t memiliki sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Adapun peningkatan hasil belajar fisika peserta didik memiliki rerata N-gain sebesar 0,58.
dc.publisherSeminar Nasional Pendidikan IPA 2017 STEM untuk pembelajaran SAIN abad 21
dc.titleDampak Asesmen Sebaya Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Bontang


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record