Show simple item record

dc.contributor.authorRahardjo, Budi
dc.contributor.authorHidayati, Pratiwi
dc.contributor.authorRozie, Fachrul
dc.date.accessioned2022-01-18T14:47:29Z
dc.date.available2022-01-18T14:47:29Z
dc.date.issued2021-10-15
dc.identifier.isbn978-623-5510-47-7
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/15339
dc.descriptionBuku ini berisi kajian empiris dan implementatif tentang “Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembelajaran Gerak Dan Lagu”, tentu isinya lebih kepada konsep, teori, dan praktek pembelajarannya, yaitu bagaimana strategi pembelajaran gerak dan lagu yang mestinya dilakukan seorang guru. Juga bila ditinjau dari perencanaannya, maka proses optimalisasi kecerdasan kinestetik ini dapat dilatih melalui pembelajaran gerak dan lagu. Buku ini sebagai pijakan awal bagi kalangan akademisi dan praktisi untuk pendalaman pada buku-buku berikutnya yang sejenis. Disadari bahwa Kecerdasan Kinestetik seringkali kurang diperhatikan di sekolah terutama jenjang PAUD. Kegiatan di sekolah kebanyakan lebih mengutamakan pada kegiatan yang mengasah kemampuan kognitif anak. Padahal kecerdasan kinestetik juga merupakan salah satu hal yang penting, maka pada dua bab dari buku ini mengetengahkan bahasan tentang kecerdasan kinestetik. Semoga bahasan tentang kecerdasan kinestetik dapat memperluas cakrawala calon pendidik dan pendidik dalam memahami optimalisasi kecerdasan kinestetik, baik teoretis maupun aplikatif. Sebagaimana tujuan awal penulisan buku ini yakni mengantar calon-calon pendidik untuk menjadi pendidik yang tangguh secara teoretik maupun praktik, maka disarankan bahwa setelah membaca buku ini dapat melanjutkan membaca konsep dan teori yang lebih luas dan lebih dalam. Terakhir, perlu penulis sampaikan bahwa sebagai sebuah karya manusia, buku ini tentu saja memiliki berbagai kekurangan. Oleh karena itu, saran dan masukan dari sidang pembaca sangat penulis harapkan, yang akan kami gunakan untuk perbaikan pada terbitan berikutnya.en_US
dc.description.abstractPembelajaran yang berlangsung di taman kanak-kanak selama ini memiliki beberapa kendala seperti pembelajaran kurang menstimulasi tingkat pencapaian kecerdasan kinestetik atau kebutuhan fisik yang optimal dan kurang mendorong anak untuk bergerak karena terbatasnya waktu dan ketersediaan fasilitas di sekolah. Kecerdasan kinestetik perlu ditingkatkan karena kecerdasan tersebut berkaitan dengan kemampuan menggunakan gerak seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide/gagasan dan emosi melalui gerakan, termasuk di dalamnya kemampuan mengefektifkan gerakannya dalam melakukan atau membuat sesuatu. Kecerdasan ini meliputi kemampuan fisik yang spesifik, seperti koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, dan keakuratan menerima rangsang, sentuhan, dan tekstur. Aktivitas kecerdasan kinestetik juga memberikan kepada anak lebih banyak kesempatan untuk bermain dan berinteraksi dengan lingkungannya. Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik yang tinggi akan dapat mengungkapkan diri mereka lebih baik dari pada anak yang lain. Anak-anak pun memerlukan ruang gerak untuk menghabiskan tingkat energi mereka yang tinggi. Mereka perlu memahami bahwa tubuh mereka dan kemampuan mereka melalui gerakan yang bersifat manipulatif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherCV AMERTA MEDIAen_US
dc.subjectKecerdasan Majemuken_US
dc.subjectKecerdasan Kinestetiken_US
dc.subjectGerak dan Laguen_US
dc.titleOptimalisasi Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dinien_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record