dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan bahan ajar IPA berbasis android tema
hutan hujan tropis (2) mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar menurut ahli materi, ahli
media, dan pengguna, (3) mengetahui keefektifan bahan ajar untuk meningkatkan hasil
belajar mahasiswa PGSD. Penelitian pengembangan ini mengikuti langkah-langkah
Research & Development yang meliputi studi pendahuluan, perencanaan,
pengembangan, validai, revisi, dan implementasi. Uji coba terbatas dilakukan pada 5
mahasiswa PGSD UNMUL dan uji coba skala luas dilakukan dengan melibatkan 84
mahasiswa. Proses pengembangan bahan ajar mengikuti panduan pengembangan
bahan ajar lingkungan menurut NAAEE dengan 6 karakteristik kunci bahan ajar
berorientasi literasi lingkungan yang meliputi: fairness & accuracy, depth, emphasis
on skill building, action orientation, instructional soundness dan usability.
Pengambilan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Data
dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
produk mobile learning berbasis android dikemas dalam format android package (apk)
dengan menggunakan software Articulate storyline 3. (2) produk mobile learning dinyatakan
layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil penilaian ahli media 84,6 % dinyatakan
layak dan ahli materi 87,% dengan kategori “sangat layak”. (3) keefektifan produk dibuktikan
melalui peningkatan literasi lingkungan mencapai angka rerata skor pretest 54,33 kategori
sedang dan posttest sebesar 76,62 kategori tinggi, dengan n-gain 0,48 kategori sedang. | en_US |