Show simple item record

dc.contributor.authorWidiyowati, Iis Intan
dc.contributor.authorErika, Farah
dc.contributor.authorHairina, Dika Ezati
dc.contributor.authorKurnia Sari, Anggun Noor
dc.date.accessioned2022-01-17T08:59:24Z
dc.date.available2022-01-17T08:59:24Z
dc.date.issued2021-11-15
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/12570
dc.description.abstractGuru harus mengubah cara mengajarnya dari metode konvensional ke metode pembelajaran berbasis STEAM agar keterampilan abad 21 teroptimalkan sehingga siswa mampu bersaing pada era revolusi industry 4.0 dan memberikan kontribusi secara nyata. Pelatihan ini bertujuan untuk memberi wawasan mengenai pembelajaran berbasis STEAM yang kemudian dapat diimplementasikan di kelas. Pelatihan pembelajaran berbasis STEAM ini sangat dibutuhkan oleh guru untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar sehingga akan berdampak pada hasil pembelajaran dan untuk mendidik siswa agar mampu menghadapi perkembangan abad 21 dan revolusi industry 4.0. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek. Langkah langkah pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis STEAM bagi guru IPA SMP di sekolah yang diselenggarakan dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yaitu: (1) Tahap Persiapan, (2) Pelaksanaan, (3) Evaluasi, dan (4) Tindak Lanjut. Evaluasi kegiatan ini dilakukan saat berlangsungnya kegiatan pelatihan dan melihat produk akhir kegiatan dengan memperhatikan beberapa aspek, yaitu: (1) Aspek yang dievaluasi Aspek yang dievaluasi adalah kehadiran, aktivitas peserta, pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan, (2) Teknik Evaluasi Evaluasi dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sesuai. Kehadiran peserta dievaluasi berdasarkan daftar hadir peserta yang disi, aktifitas peserta berdasarkan instrumen observasi dan tingkat pemahaman berdasarkan jawaban dari latihan soal yang diberikan, (3) Indikator Pencapaian Program, dan (4) Kriteria pencapaian program setiap aspek, yaitu: (1) kehadiran peserta, kreativitas berkategori baik, dan (2) tingkat pemahaman materi berkategori baik. Yang menjadi sasaran dalam kegiatanpengabdian ini adalah guru-guru IPA SMP di Kecamatan Sungai Kunjang. Untuk setiap sekolah mendelegasikan 1 guru bidang studi IPA.en_US
dc.description.sponsorshipHibah FKIP UNMULen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIP Unmulen_US
dc.relation.ispartofseriesSK Rektor;1177/UN17/HK/2021
dc.subjectLaporan Kegiatan PkMen_US
dc.titleLaporan Kegiatan PkM : PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM BAGI GURU IPA SMP DI KOTA SAMARINDAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record