Show simple item record

dc.contributor.authorDamayanti, Puardmi
dc.date.accessioned2022-01-17T05:52:58Z
dc.date.available2022-01-17T05:52:58Z
dc.date.issued2021-05-30
dc.identifier.citationDamayanti, P. 2021. Pengembangan Media Animasi Berbasis CELS. Surabaya : Mitra Mandiri Persadaen_US
dc.identifier.isbn978-623-96790-9-5
dc.identifier.urihttp://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/12106
dc.descriptionBuku ini disusun untuk menjadi salah satu referensi bagi pembaca yang ingin mempelajari pengembangan media berbasis Combination Experiment Laboratory by Simulation (CELS) dan juga bagi pendidik agar dapat terinspirasi dalam hal mengembangkan sebuah eksperimen berbasis multimedia alternatif lain yang dapat menarik perhatian dan meningkatkan keterampilan proses siswa dalam belajar. Di dalam CELS ini, dikombinasikan kegiatan eksperimen yang bersifat simulasi dan kegiatan riil eksperimen menjadikan kegiatannya dapat dilakukan untuk lebih memahamkan konsep tentang pembelajaran fisika dengan menggunakan media animasi. Kemampuan penulis dalam membuat dan mengembangkan media animasi tersebut dituangkan ke dalam bantuan aplikasi sofware yaitu berupa adobe flash CS3. Adobe flash CS3 merupakan software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Penggunaan adobe flash CS3 dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan adegan animasi yang dikehendaki, menghasilkan file yang berukuran kecil, mampu menghasilkan file bertipe (ekstensi) FLA yang bersifat fleksibel, karena dapat dikonversi menjadi file bertipe swf, html, jpg, png, exe, mov. Landasan teoritis penggunaan media tersebut juga tertuang dalam dasar pengembangan menurut Dale Cone Experience. Dimana, pengalaman langsung akan memberikan kesan paling utuh dan paling bermakna mengenai informasi dan gagasan yang terkandung dalam pengalamannya sehingga orang tersebut dapat melibatkan indera penglihatan, pendengaran, perasaan, penciuman, dan perabanya. Ini dikenal dengan learning by doing atau learning to do.Berdasarkan landasan tersebut, maka media animasi ini mengacu pada tingkatan kerucut akhir dengan memadukan antara eksperimen verifikasi dengan media interaktif berbasis animasi, simulasi, atau video sebagai pendahuluan dalam memandu siswa berekperimen di laboratorium fisika. Dengan demikian, siswa akan memperoleh pengalaman langsung yang memberikan kesan paling utuh dan paling bermakna mengenai informasi dan gagasan yang terkandung dalam pengalamannya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMitra Mandiri Persadaen_US
dc.subjectMedia Animasien_US
dc.subjectCELS (Combination Experiment Laboratory by Simulation)en_US
dc.titlePengembangan Media Animasi Berbasis CELSen_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record