PERBEDAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PELAJARAN MICROSOFT POWER POINT BAGI SISWA KELAS XI SMK PURWAJAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan media pembelajaran Interaktif dengan Video
Tutorial terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran KKPI dalam Materi Microsoft Power
Point bagi Siswa Kelas XI SMK Purwajaya Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah
eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive
Sampling. Sampel tersebut adalah kelas XI Farmasi sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
siswa 32 orang, kelas diajar dengan menggunakan media pembelajaran Interaktif dan kelas XI
keperawatan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang, kelas diajar dengan
menggunakan media pembelajaran Video Tutorial. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dengan bentuk praktik. Perhitungan
menggunakan bantuan program SPSS 22.00. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov untuk melihat
normalitas data pre-test dan post-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan
membandingkan dengan nilai signifikasn 0,05. Kemudian hasil analisis uji homogenitas untuk
melihat apakah sampel berasal dari populasi dengan variansi yang homogen. Hasil analisis data
dengan hipotesis untuk menguji perbedaan. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI dalam
materi Microsoft Power Point bagi siswa yang menggunakan media pembelajaran Interaktif lebih
efektif