Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Novel Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari
Abstract
Penelitian ini berfokus pada analisis aspek nilai personal dan nilai pendidikan
di dalam novel Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari. Penelitian ini merupakan
penelitian studi pustaka menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
memanfaatkan teori sastra anak. Pada analisis perkembangan nilai personal (personal
values) akan mendeskripsikan nilai perkembangan; (a) emosional, (b) intelektual, (c)
imajinasi, (d) rasa sosial, serta (e) rasa etis dan religius yang termuat di dalam novel.
Sedangkan pada analisis perkembangan nilai pendidikan (educational values) akan
mendeskripsikan aspek; a) eksplorasi dan penemuan, b) perkembangan bahasa, c) nilai
keindahan, d) wawasan nilai kultural, serta e) penanaman kebiasaan membaca. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa novel menyajikan komponen nilai personal dan nilai
pendidikan yang sangat lengkap. Pembaca anak tidak hanya dibuat terhibur dengan
konflik yang dimunculkan, namun juga sarat akan nilai pendidikan. Kritik terhadap
novel ini adalah bahasa yang digunakan terlalu kompleks untuk dipahami anak-anak,
namun novel berhasil mengajarkan mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam
kepada generasi muda; menghargai keberagaman suku budaya (multikulturalisme), serta
menanamkan kebiasaan membaca. Membaca novel direkomendasikan untuk anak-anak
mulai dari usia 10 tahun sebagai bagian dari pembelajaran dengan bimbingan
guru/orang tua, membaca novel juga direkomendasikan untuk remaja dan orang
dewasa.