dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk
mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning dan problem based
learning pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran
2019/2020 dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika
siswa yang diajar dengan model discovery learning, problem based learning, dan
pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2019/2020. Dengan teknik sampling purposive, dipilih
siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 yang masing-masing sebanyak 35 siswa
sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang
berbentuk soal uraian yang berjumlah 8 butir dengan skor maksimal 100. Analisis data
menggunakan statistik deskriptif dan uji anova satu arah yang kemudian dilanjutkan
dengan uji Least Significant Difference (LSD) dengan taraf signifikansi 5%. Diperoleh
kesimpulan bahwa model discovery learning dan problem based learning efektif
digunakan pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran
2019/2020. Serta diperoleh kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar
antara model discovery learning dan problem based learning, namun terdapat perbedaan
hasil belajar antara model discovery learning dan pembelajaran langsung serta antara
model problem based learning dan pembelajaran langsung. | en_US |