dc.contributor.author | Ainun Nuha, Azizah | |
dc.contributor.author | Subagiyo, Lambang | |
dc.contributor.author | Zulkarnaen | |
dc.date.accessioned | 2022-06-15T06:08:15Z | |
dc.date.available | 2022-06-15T06:08:15Z | |
dc.date.issued | 2020-01 | |
dc.identifier.issn | 2721-0529 | |
dc.identifier.issn | 2714-5689 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unmul.ac.id/handle/123456789/38203 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar menggunakan metode Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 9 Samarinda kelas X IPA 2 dengan jumlah sampel 27 siswa. Penilaian kreativitas siswa didasarkan pada produk Mind Mapping berbantu software Mindomo 3.16 yang dibuat oleh siswa. Indikator penilaian kreativitas meliputi; menyusun sesuatu yang baru (originality), menurunkan banyak ide (fluency) dan mengubah perspektif (flexibility), link, desain, dan kata kunci. Akumulasi penskoran kreativitas diperoleh persentase tertinggi adalah skor indikator originality sebesar 20% dan persentase terendah adalah skor indikator desain sebesar 12%. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh dari tes yang siswa kerjakan. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebesar 16%, dapat dikategorikan sebagai korelasi yang rendah sekali. Korelasi ini memenuhi hubungan linier Y = 62,874 + 0,253x | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | JURNAL LITERASI PENDIDIKAN FISIKA | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Volume 1;27-34 | |
dc.subject | Kreativitas, Metode Mind Mapping, Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Kreativitas Menggunakan Mind Mapping Berbantu Software Mindomo 3.16 terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA pada Materi Momentum dan Impuls | en_US |
dc.type | Article | en_US |